BLANTERSWIFTBEGANBENEFITSBLOG101
Dana Kelurahan Segera Dikucurkan, Bagaimana Dengan Kelurahan Di Tebo?

Dana Kelurahan Segera Dikucurkan, Bagaimana Dengan Kelurahan Di Tebo?

Rabu, 30 Januari 2019


tebopedia.com - Dalam waktu dekat, setiap Kelurahan bakal mendapatkan kucuran anggaran untuk pengembangan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat kelurahan. Sama halnya denga Dana Desa dan Alokasi Dana Desa yang dikucurkan pemerintahan Republik Indonesia ke desa-desa. Hanya saja, besaran anggaran yang bakal diterima, setara dengan Dana Desa (DD) terkecil.

Terus bagaimana dengan Kelurahan yang ada di Kabupaten Tebo? Ada 5 Kelurahan yang ada di Kabupaten Tebo, yang juga akan menerima dana segar tersebut.

"Ada 5 Kelurahan di Tebo yang akan dapat dana setara dengan DD, diantaranya Kelurahan Tebing Tinggi, Muara Tebo, Wirotho Agung, Pulau Temiang dan Sungai Bengkal," ujar Kabag Pemerintahan Setda Tebo, Arif Haryoko beberapa waktu lalu.

Saat ditanya, apa dasar hukum pengkucuran dana tersebut, Arif menjelaskan dasar hukum akan di kucurkannya Dana Kelurahan terseut adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 130 tahun 2018.

"Ada aturan bahwa Kelurahan akan menerima dana yang besarnya sama dengan Dana Desa (DD) terkecil," tambahnya lagi.

Dipaparkan Arif, sudah ada Permendagri No 130 tahun 2018 yang mengatur tentang kegiatan pembangunan sarana prasarana Kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan. Dana ini untuk infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat kelurahan.

"Kelurahan mendapatkan dana segar yang sama dengan desa dan diharapkan mampu mempercepat laju pembangunan Kelurahan. Untuk realisasi Permendagri ini, kemungkinan besar kalau tidak ada halangan tahun 2020", tutupnya.

writer : Akmal.