BLANTERSWIFTBEGANBENEFITSBLOG101
Tuntut Bebaskan Anggota, Keluarga Besar PSHT Tebo Demo PT. SKU

Tuntut Bebaskan Anggota, Keluarga Besar PSHT Tebo Demo PT. SKU

Kamis, 13 Desember 2018


tebopedia.com - Ratusan massa berseragam Hitam yang tergabung dalam Keluarga Besar  Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Tebo melakukan aksi damai didepan pintu (portal) masuk PT. SKU kamis (13/12/2018) siang.

Aksi tersebut sebagai bentuk protes kepada pihak PT. SKU atas ditahannya dua rekan mereka oleh Polres Tebo pada (19/11/2018) lalu, diduga telah mencuri Buah Sawit milik PT. SKU

Dalam aksinya, massa yang membawa bendera PSHT terlebih dahulu menyanyikan Lagu Indonesia Raya sebagai wujud kecintaan mereka kepada NKRI. Koordinator lapangan (Korlap) Imam Muksin dalam orasinya meminta agar kedua rekan mereka yang ditahan Polres Tebo segera dibebaskan "Kami minta Polres Tebo segera membebaskan  anggota kami", ujar Muksin

Selain itu, terlihat aparat Kepolisian dan TNI selalu siaga mengamankan massa selama aksi demo berlangsung, tak lama berselang  dilakukanlah mediasi antara pihak PSHT dan PT. SKU di ruang rapat PT. SKU yang diwakili oleh lima orang  perwakilan dari Keluarga Besar PSHT.


Imam Muksin menjelaskan bahwa rekannya yang saat ini ditahan adalah seorang pekerja lepas, yang hanya diperintahan untuk memanen sawit oleh saudari Siti Khafifah. Dalam kesempatan tersebut, Muksin juga menerangkan bahwa lahan tersebut juga belum memiliki kejelasan siapa yang benar atas izinnya yang mana lahan tersebut telah memiliki HGU sebelum PT. SKU berada disini.

"Terkait permasalahan tumpang tindih/perdata lahan antara PT. SKU dengan Siti Khafifah, kami tidak ingin mencampurinya, aksi ini murni adalah untuk membela dua rekan kami" pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut Imam Muksin meminta Agar dipasang tapal batas oleh PT. SKU yang jelas, sehingga permasalahan ini tidak berlanjut ataupun terulang kembali, namun ini adalah permasalahan ekonomi masyarakat, sehingga akan berdampak pergesekan antara masyarakat dan perusahaan.

"Kami beri waktu 3x24 jam harus ada Jawaban dari PT. SKU untuk membebaskan Saudara Kami, Jika tidak ada realisasi maka kami akan terus berjuang", pungkasnya.

Ditambahkan Sutrisno anggota PSHT Kec. Tebo dalam orasinya menuturkan bahwa dasarnya rekan mereka adalah seorang buruh, menurutnya terkait permasalahan perdata tersebut seharusnya diselesaikan terlebih dahulu, barulah diputuskan siapa yang benar dan yang salah, "Kami mohon anggota kami agar segera dibebaskan, karena yang hadir saat ini baru perwakilan, kami mampu menghadirkan masa lebih banyak dari ini dan membuatnya lebih rumit", tutup Sutrisno.

writer : Akmal