BLANTERSWIFTBEGANBENEFITSBLOG101
Sulap Ekosistem Rawa Gambut Jadi Obyek Wisata Desa

Sulap Ekosistem Rawa Gambut Jadi Obyek Wisata Desa

Jumat, 07 Desember 2018



tebopedia.com - Program Kemanfaatan Dana Desa melalui Kementerian Desa telah banyak memberikan dampak baik bagi desa, salah satu dampak manfaat dana desa telah dirasakan oleh warga Desa Pematang Buluh, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Desa Pematang Buluh telah memanfaatkan bantuan Dana Desa dengan melakukan inovasi dibidang wisata desa. Kecerdasan kepala desa Kamaruddin beserta masyarakatnya dalam memanfaatkan potensi wilayah desanya dengan menyulap ekosistem rawa gambut disepanjang aliran sungai betara menjadi tempat wisata, kiranya dapat menjadi percontohan bagi desa-desa lain.

Dengan membangun sebuah jembatan yang diberinama "Rawa Karindangan", dimana karindangan sendiri mengandung arti "kangen atau rindu" yang berulang (dalam bahasa banjar) setiap harinya terus ramai dikunjungi masyarakat, baik itu masyarakat setempat maupun masyarakat luar desa Pematang Buluh.

Ibu Mia, Ketua tim pelaksana kegiatan (TPK) desa Pematang Buluh pada anggaran tahun 2018 saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu mengatakan, pembangunan obyek wisata tersebut bersumber dari DD tahun 2018.

"Pembangunan ekowisata desa di wilayah ekosistem rawa gambut ini bersumber dari dana desa tahun anggaran 2018, sebesar Rp. 256.000.000, selain wisata ekosistem rawa gambut, ada juga potensi Air Panas Bumi, dan ini nantinya akan di kelola oleh Badan Usaha Milik Desa "BERKAH BERSAMA", Desa Pematang Buluh", paparnya.


Sementara itu Prasetio Pendamping Lokal Desa  (PLD)  juga menerangkan, bahwa panjang jembatan 280 M. dengan Lebar 1.5 M. sedangkan berkaitan dengan Omset pendapatan perharinya rata-rata mencapai Rp 300.000 - 500.000.

"Jika pada hari libur, pengunjung sangat ramai, dan pihak pengelola bisa meraup pendapatan kisaran Rp. 2.000.000 - Rp.4.000.000, dengan ticket masuk kawasan wisata terbilang tidak mahal, hanya Rp. 2.000 untuk orang dewasa, dan untuk anak-anak hanya Rp 1.000", terang Tio.

Sementara itu, Tenaga Ahli Provinsi Bidang Peningkatan Kapasitas Kaderisasi Andi Putra, S.E MM, mengapresiasi atas terobosan dan inovasi yang telah dilakukan oleh kepala desa dan masyarakat Desa Pematang Buluh, tentu dalam memanfaatkan Dana Desa untuk meningkat nilai tambah ekonomi dan pemanfaatan potensi desa dengan baik, paparnya. Ia juga berharap Bapak Presiden Jokowi dan Kementerian Desa untuk Dana Desa ini akan terus berkelanjutan, dengan tujuan mensejahterakan serta memandirikan masyarakat dan desa.

sumber : Andi Putra
editor    : Akmal