BLANTERSWIFTBEGANBENEFITSBLOG101
Pembukaan Konferensi Cabang PMII Tebo Ke-X dan Seminar Pendidikan Politik Pengawasan Pemilu Berjalan Lancar

Pembukaan Konferensi Cabang PMII Tebo Ke-X dan Seminar Pendidikan Politik Pengawasan Pemilu Berjalan Lancar

Minggu, 16 Desember 2018

 

tebopedia.com - Pembukaan Konferensi Cabang (Konfercab) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Tebo ke -X berjalan lancar. Acara tersebut juga dibarengi dengan seminar Pendidikan Politik Pengawasan Partisipatif Pemilihan Umum 2019 yang disampaikan oleh Surahman, SE anggota komisioner Bawaslu Tebo.

Acara yang mengangkat tema "Adil dan Makmur Kuperjuangkan"  digelar di Aula Rumah Dinas Bupati Tebo (16/12/2018) pagi, serta dihadiri langsung oleh Sekretaris Pengurus Koordinator Cabang PMII Provinsi Jambi Ari Anggara, pengurus NU Tebo, Ketua Umum PMII Tebo, Ketua ISNU Tebo, Ketua GP Ansor Tebo, Unsur Mabincab PMII Tebo dan Alumni PMII Tebo lainnya.


Suwanto, Ketua Panitia Konfercab dan Seminar pendidikan politik dalam laporannya menyampaikan bahwa dana yang digunakan pada kegiatan tersebut bersumber dari dana Kas PMII Tebo, Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih atas kerja jajaran kepanitiaan sehingga acara tersebut dapat berjalan lancar.

"Saya mewakili jajaran kepanitiaan mengucapkan selamat datang kepada seluruh undangan yang telah hadir ada acara ini, mohon maaf dimana ada kejanggalan pada jamuan kami pada acara ini", ujar Wanto.


Ketua Umum PMII Tebo Ahmadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan konfercab tersebut adalah forum musyawarah tertinggi pada tingkat Cabang, Ia juga mengatakan siapapun yang terpilih nantinya Ia berharap bisa membawa PMII Tebo lebih maju lagi kedepannya.

"Saya harap pemimpin yang terpilih nantinya dapat membawa PMII Tebo lebih maju kedepannya, serta dapat berkontribusi baik itu kepada masyarakat maupun pemerintahan", tutur Ahmadi.


Selain itu, Ade Saputra mewakili Ketua Majelis Pembina Cabang (Mabincab) PMII Tebo mengingatkan kepada seluruh pengurus dan anggota agar PMII Tebo terus mengembangkan basis kader PMII di kampus-kampus, baik kampus Islam maupun kampus Umum.

"Jika itu sudah kita kuasai, dengan mudahnya kita mencegah banyaknya aliran-aliran ataupun kelompok-kelompok yang Inteloran yang sewaktu-waktu dapat memecah belah keharmonisan antar masiswa maupum masyarakat", Terang pemuda yang kerap dipanggil Ade ini.

Terakhir lanjut Ade, "Tingkatkan lagi kecintaan kalian dengan buku, baca,  baca dan baca. Karena dengan cara tersebut sahabat-sahabat semua bisa meningkatkan keintelektualan kalian", tutup Ade.

Ari Anggara Sekretaris PKC PMII Jambi dalam arahannya menyampaikan permohonan maaf dari Katua umum PKC PMII Jambi yang tidak dapat hadir pada acara tersebut dikarenkan saat ini Ketua PKC PMII Jambi saat ini berada di kota Bandung untuk menyelesaikan Studi Pasca Sarjananya (S2).

"Kami berharap kontribusi senior dan alumni PMII terhadap cabang PMII Tebo khususnya, baik itu secara pemikiran maupun pinansial. Karena tidak dapat dipungkiri Pengurus Cabang itu butuh binaan Senior dan Alumni", tutur Ari Anggara.


Selain itu Ari Anggara juga berpesan kepada PC PMII Tebo agar kedepannya jangan merasa kecil atupun lemah sehingga tidak mampu untuk menggerakkan roda organisasi.

"Pengurus Cabang itu setara dengan pimpinan organisasi tingkat Kabupaten lainnya, kita punya intervensi yang tinggi dalam setiap kebijakan, baik itu sekala Kabupaten, Provinsi maupun skala Nasional. Akan tetapi semua itu tidak akan bisa tercapai jika keilmuan kader-kader PMII minim", tegas ari Anggara.

Sukron Amin selaku Ketua ISNU Tebo serta perwakilan PC NU Tebo sebelum membuka acara secara resmi menyampaikan, bahwa mendekati Pemilu 2019 datang PC PMII Tebo harus ikut andil dalam mensukseskan perhelatan Akbar tersebut, baik dalam pengawasan, penyelenggara Pemilu maupun sosialisasi peningkatan partisipasi pemilih.

"Tugas kader-kader PMII hari ini tidak hanya bisa mengkritik, akan tetapi berusaha memberikan solusi dalam setiap persoalan yang ada termasuk mensukseskan Pemilu 2019 mendatang", ujar Sukron.

Selain itu, lanjut Sukron, "Berkaitan rekrutmen kader PMII, sudah saatnya kader PMII Tebo melakukan rekrutmen kader ke Kampus-kampus umum yang ada, agar kedepannya kader-kader PMII Tebo bisa menguasai semua lini dan handal dalam menghadapi tantangan zaman. Intinya tingkatkan budaya-budaya diskusi, tingkatkan kegiatan kegiatan non formal dan informal jangan hanya mengandalkan kegiatan formal semata. tutup Sukron Amin.

Dilanjutkan dengan pembukaan Konfercab ke-X PC PMII Tebo dan Seminar Pendidikan Politik Pengawasan Partisipatif Pemilihan Umum saya buka secara resmi oleh Sukron Amin.

writer : Akmal