BLANTERSWIFTBEGANBENEFITSBLOG101
Pemkab Tebo Tetapkan Status Banjir di Tebo Menjadi Siaga Banjir

Pemkab Tebo Tetapkan Status Banjir di Tebo Menjadi Siaga Banjir

Jumat, 09 November 2018


tebopedia.com - Tingginya intensitas curah hujan beberapa minggu terakhir ini, membuat sebagian wilayah di Kabupaten Tebo terendam banjir. Terkait hal tersebut, Kabupaten Tebo menetapkan status banjir di Kabupaten Tebo Menjadi Siaga Banjir.

Penetapan status Siaga Banjir tersebut di tetapkan melalui rapat antara berapa istansi, rapat tersebut dilaksanakan diruangan rapat Sekda Tebo, jumat (09/11/2018) pagi. Pada rapat tersebut terlihat dihadiri langsung Kepala BPBD Tebo beserta Kabid Kedaruratan dan Logistik, Kasi Ops Polres Tebo, Camat Sekabupaten Tebo dan Pasi Ops Kodim Bungo-Tebo dan beberapa istansi terkait.

Saat dikonfirmasi, Hari Sugiarto Kepala BPBD Tebo menyampaikan, penetapan tersebut dilakukan karena melihat beberapa wilayah di Kabupaten Tebo yang kian banyak terkena banjir. Selain itu rapat tersebut juga sebagai tindak lanjut dari edaran BMKG Provinsi Jambi yang memprediksi musim hujan akan berlangsung hingga bulan Desember.

"Curah hujan sampai saat ini masih tinggi. Menurut laporan dari para camat, sejauh ini sebagian anggota sudah turun kelapangan terlebih dahulu untuk untuk terus memantau keadaan dilapangan", ujar Hari Sugiarto.

Ditambahkannya, BPBD Tebo akan mendirikan posko induk di BPBD Tebo sebagai tempat penerima informasi bagi masyarakat Kabupaten Tebo.

"Kita himbau kepada masyarakat Kabupaten Tebo untuk selalu siaga dalam kondisi saat ini, karena kita tidak bisa memprediksi kapan air akan naik", himbau kepala BPBD.

Yang kita khawatirkan, lanjut Hari, "Banjir kiriman dari Sumatra Barat kemungkinan air tersebut lebih besar", ujarnya lagi.

Informasi terakhir, saat ini kurang lebib 500 kk yang rumahnya sudah terkena banjir. Tidak hanya itu seperti yang diberitakan sebelumnya ratusan hektar sawah dan lahan pertanian masyarakat Kabupaten Tebo terancam gagal panen dikarenakan terkena banjir.

writer : Akmal