BLANTERSWIFTBEGANBENEFITSBLOG101
Desa Bangun Seranten Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengurus BUMDes

Desa Bangun Seranten Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengurus BUMDes

Selasa, 06 November 2018



tebopedia.com - Pemerintah Desa Bangun Seranten Kecamatan Muara Tabir senin (05/11/2018) pagi, menggelar kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas pengurus BUMDes. Pelatihan BUMDes yang diberi nama "Berkah Abadi" di gelar di Aula Desa Bangun Seranten  acara, selain pelatihan acara teesebut juga di barengi sosialisasi pupuk Sriwijaya (Pusri) yang disampaikan langsung oleh Asisten  Lapangan PT Pusri  wilayah Tebo Adi Hendra, SP. Sedangkan materi tentang pelaporan administrasi keuangan BUMDesa disampaikan oleh M. Saifuddin Aslami, SE, M.S.I Tenaga Ahli Pemberdayaan Ekonomi Desa (TA PED) P3MD Tebo.

Terlihat, acara tersebut juga dihadiri oleh Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Muara Tabir Sukron Amin, PLD Wasgi, Pengki, Sekdes dan perangkat desa bangun seranten lainnya.

Pada kegiatan tersebut banyak membahas  mengenai peran BUMDes serta pengadministrasian yang akuntabel dan transparans serta praktek penyusunan pelaporan keuangan BUMDes Berkah Abadi yg memiliki unit usaha Jual Beli Pupuk.

"Diharapkan setelah pelatihan peningkatan kapasitas ini, para pengurus BUMDes Berkah Abadi dapat menyusun dan membuat administrasi laporan keuangan dilengkapi juga dgn neraca dgn baik, agar laporan tersebut tersusun secara akuntabel"Ujar TA PED P3MD Tebo M. Saifuddin Aslami

Sementara Direktur BUMDes Berkah Abadi Mashuri mengatakan, saat ini BUMDes Berkah Abadi telah mampu menjual 60 ton pupuk berbagai jenis setiap bulannya dengan omzet mencari Rp. 350 Juta. Walaupun secara omset besar, namun labanya masih sedikit karena harga jual di bawah pengecer pupuk.

"Karena tujuan BUMDes tidak hanya mencari omset saja, namun yg terpenting adalah membantu petani mendapatkan pupuk dgn harga yg standar" Ujar Mashuri

Kades Bangun Seranten Nuryadi mengatakan walaupun pelatihan tersebut singkat tapi ia berharap bisa mendapatkan banyak hal yang berguna dalam pengelolaan BUMDes.

“Semoga para pengurus lebih semangat dan memahami tentang pelaporan keuangan dan strategi pengelolaan BUMDes”. Ungkapnya


sumber : Sukron Amin
Editor : Akmal