BLANTERSWIFTBEGANBENEFITSBLOG101
Warga Kembali Temukan Barang Kuno di Teriti

Warga Kembali Temukan Barang Kuno di Teriti

Minggu, 09 September 2018

tebopedia.com - Tidak hanya enam barang kuno yang diberitakan sebelumnya, hari ini warga kembali menemukan sejumlah benda yang diyakini berusia cukup lama.

Seperti informasi yang didapat tebopedia.com bahwa selain Botol, Nampan, dan 3 Mangkok serta Guci sebelumnya, warga juga kembali menemukan sejumlah mangkok, bahkan kuali dan kepingan berbentuk koin.

Salah satu warga, Adi Hendri mengatakan bahawa kembali menemukan kuali yang diduga berbahan kuningan, meskipun kondisinya tidak lagi sempurna namun diyakini benda tersebut adalah kuali.
"Iya, ditemukan lagi barang lainnya, seperti kuali yang nampaknya dari bahan kuningan,"sebutnya.
Sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa ditemukannya benda ini disawah yang disebut sebagai payo lebar, tepatnya disekitar rawa-rawa kebun sawit warga RT 04 Dusun Jajaran Desa Teriti, 6 Barang Kuno tersebut ditemukan oleh Tiga warga setempat.
Sebelumnya Sekretaris Desa Teriti, Zulmukim Alam saat ditemui awak media ini mengatakan bahwa penemuan tersebut didapatkan warga sejak dua hari ini, berawal dari penggalian parit.

"Ada sekitar 6 barang kuno yang sudah kita dokumentasikan tadi, dan itu disimpan dirumah warga yang menemukan,"ujar Zulmukim Alam.

Menurutnya, 6 barang kuno yang ditemukan warga ini disimpan di rumah yang berbeda, yaitu dirumah Suratman, Jangcik dan Haidir warga Desa Teriti Kecamatan Sumay.

Sementara itu, 6 jenis barang kuno yang berhasil didokumentasikan ini antara lain yaitu Botol dengan tulisan AFAN HOBOKEN &CO ROTTERDAM yang sebelumnya disebut-sebut warga adalah logam. Botol ini sangat terlihat beda dan sangat tua, namun masih dalam kondisi utuh bagiannya.

Guci warna hitam dengan ukuran yang lumayan besar, uniknya guci hitam ini saat dipegang terlihat hitam polos dan terlihat sangat kuno, namun setelah difoto terlihat dari hasil jepretan timbul warna keemasan pada bagian ukirannya.

Lampan atau nampan Kuning dengan motif lukisan yang hampir serupa dengan ukiran, sayangnya nampan ini tidak lagi utuh pada bagian pinggirnya yang mengalami penyok.

Kemudian ada tiga barang lainnya yang sejenis, yaitu mangkok, adapun mangkok ini berukuran besar, dimana mangkok tersebut memiliki motif warna biru, dan terlihat jelas motif lukisan dengan coretan yang masih kaku.

Mangkok sedang dengan warna dasar dan minim motif, namun minimnya motif ini dapat dipahami lukisan yang dimaksud pada pinggir mangkok berupa rumput, sedangkan pada bagian luarnya motif "o" dan diduga berbubuhkan tulisan china.

Mangkok kecil tanpa motif, dan mengalami retak seribu. Hanya saja pada bagian dinding mangkok tersebut terlihat secara samar dibubuhi dengan tulisan china yang cukup rapi.

writer : tim

HALAMAN SELANJUTNYA:

close
Banner iklan disini