BLANTERSWIFTBEGANBENEFITSBLOG101
Nama Benda Itu Mengingatkan Pada Kisah Payo Tengkuluk

Nama Benda Itu Mengingatkan Pada Kisah Payo Tengkuluk

Selasa, 25 September 2018

tebopedia.com - "Melestarikan Budaya Daerah Jambi, melestarikan Budaya Tebo",begitulah Fauzan Wok mengawali tulisannya.

Tokoh pemuda yang sangat peduli terhadap kearifan lokal ini mengambil photo dari beberapa teman tentang Tengkuluk Jambi.

Iya, Fauzan menuliskan saat mengingat cerita tentang Tengkuluk, maka teringatlah kita pada salah satu Cerita Rakyat Tebo "Payo Tengkuluk" dari Desa Tanjung Aur Seberang Kecamatan Serai Serumpun Tebo (sumber Ria A,red) yang menceritakan tentang kisah sesorang anak gadis memakai tengkuluk yang tenggelam di Sebuah Payo atau sawah ketika berperahu bersama Ibunya Pulang dari hajatan.

Menurutnya lagi, kisah Payo Tengkuluk tersebut mengisahkan tentang sesorang Anak Gadis yang durhaka pada Ibunya, dia menjadikan Ibunya seperti pembantu. Menurut cerita dalam kesehariannya yang memasak adalah Ibunya,  yang mencuci pakaian juga Ibunya,  nyapupun juga Ibunya. Bahkan semua keinginannya harus di penuhi Ibunya.

Sampai sekarang Payo Tengkuluk tersebut benar dan masih ada di Desa Tanjung Aur Seberang yang sekarang berada di di Kecamatan Serai Serumpun Tebo.

"Cerita Payo Tengkuluk dari Desa Tanjung Aur Seberang  bisa di dijadikan sebagai salah satu Cerita Rakyat Tebo, banyak cerita Rakyat Tebo di setiap Desa Dusun Kampung yang ada di Tebo, melestarikan cerita Rakyat Tebo, mengeksplor memposting mengekspos kearifan lokal Tebo, membangun dan memajukan destinasi wisata daerah Tebo,  mengeksplor memposting mengekspos Pesona Lokal Tebo,"tulis Fauzan.

Nah, benda tengkuluk sendiri sebagaimana kita ketahui dalam kehidupan masyarakat adat Jambi, yaitu adalah penutup kepala yang biasa digunakan oleh perempuan.

Sementara itu terkait keterikatan tengkuluk dengan payo tengkuluk sejauh ini tidak diketahui, namun yang pastinya kedua cerita diatas berbeda.

Pertama yaitu Tengkuluk sebagai penutup kepala, dan kisah diatas adalah cerita rakyat yang berkaitan dengan Payo yang diberi nama Tengkuluk.

the posters : Ade