BLANTERSWIFTBEGANBENEFITSBLOG101
Tradisi Makan Setalam Beduo Sarat Makna

Tradisi Makan Setalam Beduo Sarat Makna

Senin, 27 Agustus 2018

tebopedia.com - Tentu sangat berbeda dengan kehidupan kota yang cenderung serba praktis, di desa untuk dapat menghasilkan sesuatu hal perlu proses yang cukup panjang dan melibatkan banyak orang.

Contoh kecil, yaitu saat menghadapi hajatan atau pesta, jika dikehidupan kota sudah terbiasa dengan sistem delivery atau lewat pemesanan, namun didesa masyrakat justru masak bersama atau gotong royong.


Tidak hanya dalam hal menyediakan sajian hajatan, bahkan masing-masing desa juga memiliki adat istiadat atau tradisi yang berbeda dalam hal menikmati sajian yang telah dimasak bersama.

Salah satunya, yaitu di Desa Pelayang Kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo, seperti dikatakan oleh Efrizal bahwa tradisi atau adat istiadat yang dimiliki desanya adalah bentuk kebanggaan tersendiri, salah satunya yaitu makan setalam beduo.

"Tradisi kami menjadi kebanggaan tersendiri bagi Desa kami, makan bersama di rumah penganten, satu talam beduo,"ujar Efrizal.

Dijelaskan anak muda ini pula, bahwa tradisi ini bukan sebatas tradisi saja, tetapi apa yang dilakukan memiliki arti dan makna yang penting bagi kehidupan masyarakat.

"Makan setalam beduo ini, dapat diartikan Klkecik gedang tuo mudo baik yg bepangkat mupun begelar semuanyo samo rato. Mempererat tali silaturrahmi. Harapan kami semoga tradisi ini tetap terjaga dan lestari,"imbuhnya.

Ditambahkannya lagi, selain makan setalam beduo,"Selain itu, budaya didesa kami masak masak di hari menjelang pelaksanaan hajatan itu kami lakukan secara bersama-sama dengan gotong royong, dan ini biasanya umumlah, sama dengan desa lain,"imbuhnya.

writer : Ade