BLANTERSWIFTBEGANBENEFITSBLOG101
Angka Pernikahan Dini di Tebo Meningkat

Angka Pernikahan Dini di Tebo Meningkat

Rabu, 22 Agustus 2018

tebopedia.com - Hingga saat ini pernikahan dini atau nikah dibawah umur berdasarkan data Pengadilan Agama Tebo mengalami peningkatan.

Bagaimana tidak, hingga Agustus 2018 ini sedikitnya sudah ada 17 pasang yang mengajukan dipensasi ke Pengadilan Agama Negeri Tebo, dan hanya satu pasang yang ditolak oleh PA Tebo.

Terkait hal ini Asrori, Humas PA Tebo menuturkan, jika tahun ini jumlah pasangan yang mengajukan dispensasi sedikit meningkat. Perkembangan teknologi dan maraknya konten berbau pornografi baik dimedia sosial atau jejaring lainnya menjadi penyebab meningkatnya pernikahan dini.

"Selain itu penyebab lainnya adalah kurangnya pengawasan dari orang tua juga," ujar Asrori kepada koran ini kemarin.

Sementara itu lanjut Asrori pihaknya juga tidak mungkin menolak atau tidak memberikan izin terhadap wali kedua pasangan yang ingin menikah dini.

"Barang ini semuanya sudah jadi (maaf, mengandung,red), jadi tidak mungkin PA menolak dispensasi ini, kecuali ada satu pasang yang kita tolak, yang perempuan belum hamil dan masih dibawah umur," timpalnya.

PA Tebo sangat melarang keras adanya pernikahan dibawah umur. Selain melanggar aturan atau UU perlindungan anak, pihaknya juga bakal memberi sanksi keras bagi yang melanggar.

"Untuk perempuan minimal 16 tahun dan laki laki 19 tahun, kalau ada dibawah usia ini itu tidak dibolehkan," terangnya meyakini.

Terakhir berdasarkan data dari Pengadilan Agama Negeri Tebo, usia pernikahan dini yang mengajukan dispensasi ditahun 2017 ada 11 pasang. Sementara ditahun 2018 sejak Januari hingga Agustus tercatat sudah ada 17 pasang pernikahan dini yang mengajukan dispensasi. Angka ini kemungkinan bakal bertambah hingga akhir 2018 mendatang.

writer : Ade