BLANTERSWIFTBEGANBENEFITSBLOG101
Keberadaan Orangtua Sangat Penting Bagi Psikologi Anak

Keberadaan Orangtua Sangat Penting Bagi Psikologi Anak

Jumat, 13 Juli 2018

Foto Internet 
tebopedia.com-Zaman yang terus berkembang dan semakin tingginya kebutuhan hidup manusia memilik dampak yang signifikan terhadap pemanfaatan waktu bersama dalam lingkungan keluarga. Bahkan tidak jarang sebagian anak-anak terpaksa untuk tidak memiliki waktu yang layak bersama orangtuanya.

Salah satu penyebab orangtua tidak mampu berada disamping anak dengan waktu yang layak, adalag karena sibuk dengan pekerjaan. Atau bahkan akibat minimnya pengetahuan dalam mendidik dan merawat anak.
Hal ini tentunya dapat berdampak tidak baik terhadap psikologi dan pertumbuhan anak, seperti dikatakan oleh psikiater Inggris John Bowlby (dalam Santrock) menekankan pentingnya keterikatan pada tahun pertama kehidupan dan tanggapnya mereka yang mengasuh bayi akan hal ini. 

Dari berbagai sumber juga dijelaskan bahwa Bowlby yakin, bahwa bayi dan ibunya secara naluriah membentuk suatu keterikatan. Bayi yang baru lahir secara biologis diberi kelengkapan untuk memperoleh perilaku keterikatan ibu. 
Selain itu juga dituliskan dalam sejumlah penelitian maupun karya ilmiah, bahwa hubungan anak dengan orang tua merupakan sumber emosional dan kognitif bagi anak. Hubungan tersebut memberikan kesempatan bagi anak untuk mengeksplorasi lingkungan maupun kehidupan sosial. Hubungan anak pada masa-masa awal dapat menjadi model dalam hubungan-hubungan selanjutnya. 

Terkait hal ini, Mary Ainsworth (dalam Santrock) berpendapat bahwa dalam keterikan yang aman (secure attachment), bayi menggunakan pengasuh, biasanya ibu, sebagai suatu landasan yang aman untuk mengeksplorasi lingkungannya. Keterikatan yang aman dalam tahun pertama kehidupan memberi suatu landasan yang penting bagi perkembangan psikologis kemudian hari di kehidupan bayi. 

Namun, dalam hal ini tidak sama seperti yang dialami oleh anak-anak yang diabaikan oleh orang tua mereka atau yang disebut dengan Child Neglected. 

Untuk diketahui pula, dari sebuah artikel azcasa.org bahwa dalam sebuah artikel penelitian di Amerika, menyebutkan bahwa anak-anak yang diabaikan atau Child Neglected merupakan bentuk pengabaian anak yang terjadi ketika orang tua atau pengurus anak, tidak memenuhi kewajiban mereka untuk merawat, mengawasi, dan memantau kegiatan anak mereka. Selain itu pula, pengabaian anak terjadi ketika orang tua tidak memberikan kasih sayang kepada anak dengan tidak memeriksakan kesehatan anak ketika anak sakit, tidak memberikan kebutuhan makan, minum, dan lain sebagainya.

Writer : Ade